WarnetPlus Alianet

Pusat Informasi Peluang Kerja & Peluang Usaha

Thursday, October 05, 2006

Sharing Warnet dari Bandung

Rekan saya Didiet yang mengelola warnet di Bandung pernah bertemu saya pada waktu kopi darat (kopdar) milis Bisnis Smart di Depok beberapa waktu lalu. Meskipun tema kopdar waktu itu tentang "Bisnis Makanan", tapi yang hadir dari berbagai latar belakang bisnis, baik yang belum mulai, baru mulai, maupun yang bisnisnya sudah berkembang pesat. Saya sempat ngobrol2 lama dengan Kang Didiet ini karena ada kesamaan jenis usaha, yaitu warnet. Berikut ini sharing yang mungkin bermanfaat untuk kita semua.
---------------------------------------------
mo sharing dikit nih tentang perkembangan warnet saya.
sebenernya waktu dulu kita ketemu itu kondisi warnet
saya lagi down. omzet cuma sekitar 250rb/hari ke
bawah. trus partner bisnis memilih untuk mengundurkan
diri karna ga tahan, masalahnya karena perjanjian
bisnis belum ditandatangani (ditunda2 terus) makanya
dia minta duit yg dia invest balik semua (9 juta).

tapi setelah ketemu pa agus di depok, saya jadi
termotivasi, begitu pulang ke bandung, langsung saya
reformasi warnet-nya. mulai dari hal-hal teknis ama
manajemen. urusan komputer ama jaringan saya handle
sendiri (tadinya ngegaji temen untuk jadi admin).
semua komputer di-install ulang dan alhamdulillah
sampe sekarang ga ada masalah, padahal dulu banyak
sekali virus 'n spyware. ISP juga saya ganti ama yg
lebih murah 'n cepet.
Dari segi manajemen, saya rekrut operator baru yang
masih fresh dan rajin. kalo dulu ga ada yang mau
nyapu2, ngepel, ngelap2. saya juga lebih sering terjun
langsung, ngobrol ama pelanggan, alhamdulillah
sekarang pelanggan banyak yang udah kenal.

Akhirnya hasilnya mulai keliatan, omzet meningkat,
user jarang yang komplain karna komputer nge-hang, ada
virus atau lambat. alhamdulillah bulan kemaren bisa
nambah satu komputer lagi. minggu kemaren ada temen
maen ke warnet trus dia liat kondisi-nya kalo siang
sampe malem penuh sampe waiting list. akhirnya temen
nawarin untuk invest nambah komputer. bulan oktober
ini mulai deh dengan tambahan amunisi 3 komputer baru
+ printer r230 + scanner + renovasi tempat. rencana
sih mau tambah usaha digital print 'n refill tinta
printer. omzet pun mulai keliatan cerah, udah hampir
2x lipat omzet dulu. hutang ke ex-partner tinggal
setengahnya lagi, insya4JJl lunas dicicil setaun.

Sekali lagi, terima kasih pak. sharing pa agus tempo
hari benar-benar membawa perubahan disini...
Didiet

0 Comments:

Post a Comment

<< Home